SILABUS MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)
Satuan Pendidikan        : SMK / MAK
Kelas                               : X 
Kompetensi Inti
| 
KI-1.   | 
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. | 
| 
KI-2.   | 
Menghayati
  dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
  royong, kerjasama, toleran, damai), 
 santun, responsif dan proaktif dan
  menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam 
 berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
  bangsa 
 dalam pergaulan dunia.  | 
| 
KI-3.   | 
Memahami, menerapkan dan
  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin  
tahunya
  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, 
 kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan 
 masalah. | 
| 
KI-4.   | 
Mengolah,
  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
  pengembangan dari yang  
dipelajarinya
  di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
  spesifik dibawah pengawasan langsung.  | 
| 
Kompetensi Dasar | 
Materi Pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
1.1. 
  Lingkungan
  hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga
  kelestarian dan kelangsungan hidupnya.  
1.2.  Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan
  belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan
  manusia | |||||
| 
2.1  
  Menunjukkan sikap
  cermat dan teliti dalam mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools,
  special tools dan workshop tools) 
2.2  
  Menunjukkan sikap
  cermat dan teliti dalam memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP 
2.3  
  Menunjukkan sikap
  disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai
  standar kerja / SOP 
2.4  
  Menunjukkan sikap
  peduli terhadap keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap
  dampak yang ditimbulkan dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya
  kebakaran) 
2.5  
  Menunjukkan sikap
  cermat dan teliti sewaktu bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan
  baterai  
2.6  
  Menerapkan
  keselamatan kerja dalam pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat
  kerja) | |||||
| 
3.1    
  Mengidentifikasi 
  jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya 
4.1    
  Menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP. | 
·        
  Peralatan bengkel otomotif 
·        
  Peralatan kerja bangku | 
Mengamati 
Tayangan atau simulasi macam-macam alat-alat tangan 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
  simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat
  tangan 
Mengeksplorasi 
·  
  Menuliskan atau
  menyebutkan macam-macam peralatan tangan 
·  
  Membuat perbandingan kelebihan
  jenis-jenis alat tangan 
Mengasosiasi 
Membuat
  kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis peralatan tangan. 
Mengkomunikasikan 
Menerapkan
  penggunaan peralatan sesuai dengan SOP | 
Tugas 
Membentuk
  benda dengan gergaji, kikir dan peralatan lain 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan siswa dalam melakukan praktik 
Portofolio 
Hasil
  kerja dinilai berdasarkan ketepatan dimensi, kerataan dan kehalusan 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
28 JP | 
·        
  Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
  Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
  Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 
·        
  Daryanto.1988. Alat Perkakas Bengkel. Jakarta: PT Bina
  Akasara. 
·        
  Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
  Yogyakarta:  Andi
  Publisher 
·        
  Buku Manual
  peralatan | 
| 
3.2    
  Mengidentifikasi 
  Jenis-jenis power tools sesuai dengan fungsinya 
4.2    
  Menggunakan dan merawat macam-macam power tools sesuai dengan SOP. | 
·       Power tools  dan penerapannya 
Mengebor dan membuat ulir | 
Mengamati 
Tayangan atau simulasi macam-macam power tools 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
  simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan power
  tools 
Mengeksplorasi 
Menuliskan atau
  menyebutkan macam-macam power tools 
Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis power tools  
Mengasosiasi 
Membuat
  kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis power tools  
Mengkomunikasikan 
Menerapkan
  penggunaan power tools sesuai dengan SOP. | 
Tugas 
Menuliskan
  prosedur penggunaan power tool sesuai pembagian kelompoknya 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan siswa dalam melakukan praktik 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
28 JP | 
·        
  Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
  Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
  Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 
·        
  Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
  Yogyakarta:  Andi Publisher 
·        
  Buku Manual
  peralatan | 
| 
3.3    
  Mengidentifikasi peralatan workshop equipment
  sesuai peruntukannya 
4.3    
  Menggunakan dan merawat macam-macam workshop equipment | 
·       Workshop equipment  dan aplikasinya | 
Mengamati 
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop
  equipment  
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
  simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment 
Mengeksplorasi 
·     Menuliskan atau menyebutkan macam-macam workshop equipment 
·    
  Membuat perbandingan kelebihan
  jenis-jenis workshop
  equipment 
Mengasosiasi 
Membuat
  kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis workshop equipment Mengkomunikasikan 
Menerapkan
  penggunaan workshop
  equipment sesuai dengan SOP. | 
Tugas 
Menuliskan
  prosedur penggunaan dongkrak dan carlift sesuai pembagian kelompoknya 
Portofolio 
Membuat
  laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang compressor dan alat press. 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan siswa dalam melakukan praktik 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
24 JP | 
·        
  Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
  Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
  Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 
·        
  Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
  Yogyakarta:  Andi Publisher | 
| 
3.4    
  Mengidentifikasi jenis-jenis special
  service tools sesuai
  fungsinya 
4.4    
  Menggunakan special
  service tools sesuai
  dengan SOP | 
·       special
  service tools dan penerapannya | 
Mengamati 
Tayangan atau simulsi macam-macam special service tools 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan
  terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan special
  service tools  
Mengeksplorasi 
·  
  Menuliskan atau
  menyebutkan macam-macam special service tools 
·   
  Membuat perbandingan kelebihan
  jenis-jenis special service tools 
Mengasosiasi 
Membuat
  kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis special
  service tools Mengkomunikasikan 
Menerapkan
  penggunaan special service tools sesuai dengan SOP. | 
Tugas 
Menuliskan
  prosedur penggunaan masing-masing jenis SST 
Portofolio 
·  Membuat laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang SST. 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan siswa dalam melakukan praktik 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
20 JP | 
·        
  Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan
  Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat Pembinaan
  Sekolah Menengah Kejuruan. 
·        
  Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif.
  Yogyakarta:  Andi Publisher | 
| 
3.5     Mengidentifikasi jenis-jenis
  alat ukur mekanik dan fungsinya 
4.5     Menggunakan alat-alat ukur
  mekanik sesuai operation manual | 
·        
  Satuan metric dan british 
·     Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
  ukur mekanik 
·       Penggunaan alat – alat ukur mekanik | 
Mengamati 
Tayangan atau paparan
  disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur
  mekanik 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan. 
Mengeksplorasi 
Mengeksplorasi
  fungsi masing-masing alat ukur 
Mengasosiasi 
Membuat
  ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur mekanik 
Mengkomunikasikan 
Melakukan
  pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru. | 
Tugas 
·        
  Menyelesaikan
  soal-soal turuna matric dan konversi ke dalam satuan british 
·        
  Menuliskan nama alat
  alat ukur mekanik dan penggunaannya.  
. 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
32 JP | 
·        
  Sri
  Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 
·        
  Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
  Erlangga. 
·        
  Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat
  Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan | 
| 
3.6     Mengidentifikasi jenis-jenis
  alat ukur elektrik dan elektronik serta fungsinya 
4.6     Menggunakan alat-alat ukur
  elektrik dan elektronik sesuai operation manual | 
·     Satuan alat ukur listrik dan elektronik 
·     Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
  ukur elektrik dan elektronik 
·     Penggunaan alat – alat ukur elektrik
  dan elektronik | 
Mengamati 
·     Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai
  contoh, dari berbagai alat ukur elektrik dan
  elektronik 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan. 
Mengeksplorasi 
·     Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat elektrik dan
  elektronik 
Mengasosiasi 
·     Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur elektrik dan elektronik 
Mengkomunikasikan 
Melakukan
  pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru. | 
Tugas 
·        
  Menuliskan nama alat
  alat ukur elektrik dan
  elektronik dan penggunaannya.  
. 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
30 JP | 
·        
  Sri
  Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 
·        
  Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
  Erlangga. 
·        
  Kosim. 2005. Penggunaan Dan
  Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan
  Menengah Kejuruan | 
| 
3.7     Mengidentifikasi jenis-jenis
  alat ukur pneumatik serta fungsinya 
4.7     Menggunakan alat-alat ukur pneumatik
  sesuai  operation manual | 
·       Satuan dan besaran pneumatik 
·       Jenis, spesifikasi dan fungsi alat
  ukur peneumatik 
·       Penggunaan alat – alat ukur pneumatik | 
Mengamati 
·       Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai
  contoh, dari berbagai alat ukur peneumatik 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan. 
Mengeksplorasi 
·       Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat peneumatik 
Mengasosiasi 
·       Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur peneumatik 
Mengkomunikasikan 
Melakukan
  pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru. | 
Tugas 
Menuliskan
  nama alat alat ukur pneumatic dan
  penggunaannya.  
Observasi 
Mengamati
  keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
16 JP | 
·        
  Sri
  Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 
·        
  Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
  Erlangga. 
·        
  Kosim. 2005. Penggunaan Dan
  Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah
  Kejuruan | 
| 
3.8     Pemeliharaan
  alat ukur 
4.8     Merawat alat-alat ukur sesuai SOP dan
  service manual | 
·     Sistem pemeliharaan alat ukur | 
Mengamati 
·       Tayangan atau paparan disertai gambar tentang pemeliharaan alat
  ukur 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan. 
Mengeksplorasi 
·       Mengeksplorasi penyimpanan alat-alat ukur yang
  benar 
Mengasosiasi 
Membuat
  ulasan tentang perbedaan secara mendasar tentang perbedaan pemelihaan jenis-jenis
  alat ukur Mengkomunikasikan 
Melakukan
  penataan dan pemeliharaan alat-alat kur | 
Tugas 
Menuliskan
  prosedur perawatan jenis-jenis alat ukur. 
Portofolio 
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok tentang pemeliharaan alat ukur 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
16 JP | 
·        
  Sri
  Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 
·        
  Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya:
  Erlangga. 
·        
  Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat
  Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan | 
| 
3.9     Menjelaskan
  keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai UU K3  
4.9     Melaksanakan K3 sesuai UU  | 
·       Undang-undang K3 dan turunannya 
·       Potensi bahaya pada lingkungan kerja | 
Mengamati 
·       Tayangan atau paparan K3 sesuai UU 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan. 
Mengeksplorasi 
·       Mengemukakan contoh-contoh K3 dalam pekerjaan di
  otomotif 
Mengasosiasi 
·       Membuat ulasan pentingnya K3 
Mengkomunikasikan 
Melakukan
  K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan | 
Tugas 
Menuliskan
  prosedur K3 pada salah satu jenis pekerjaan, misalnya tune up, rem atau
  kelistrikan 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
16 JP | 
·        
  UU K3 No. 1 tahun 1970 
·        
  Buku
  paket K3 Depnakertrans, 2009 
·        
    | 
| 
3.10  Memahami
  kontaminasi pada bahan bakar, olie dan bodi sesuai standar lingkungan kerja 
4.10  Melaksanakan prosedur
  pencegahan kontaminasi  | 
·       Prosedur dan perlengkapan PPPK 
·       Potensi kontaminasi pada bahan bakar;
  olie dan bodi kendaraan 
·       Kebersihan dan kerapian bengkel | 
Mengamati 
·       Tayangan atau paparan tentang kontaminasi, dan PPPK. 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan. 
Mengeksplorasi 
·       Mengemukakan atau menuliskan contoh-contoh
  kontaminasi 
Mengasosiasi 
·       Membuat ulasan pentingnya K3 
Mengkomunikasikan 
Melakukan
  K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan | 
Tugas 
Menuliskan
  prosedur PPPK dilingkungan kerja 
Observasi 
Mengamati
  keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur 
Tes 
Pilihan
  Ganda/Essay | 
16 JP | 
·        
  Alton Thygerson . 2011.
  Pertolongan Pertama: First Aid. 
·        
  Peraturan Menteri
  Tenaga Kerja RI No.15 tahun 2008 –Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di
  tempat Kerja 
§   NN.PMI Kota Bogor – Perdarahan/2010 | 
| 
3.11  Memahami
  penggunaan pemadaman kebakaran sesuai klasifikasi  kebakaran 
4.11 
  Melaksanakan prosedur
  pemadaman api / kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran | 
·       Peralatan ,klasifikasi kebakaran dan
  prosedur pemadaman | 
Mengamati 
·       Tayangan atau paparan tentang Peralatan
  ,klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman 
Menanya 
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan. 
Mengeksplorasi 
·       Menuliskan pentingnya pencegahan 
Mengasosiasi 
·       Membuat ulasan pentingnya peralatan pemadam kebakaran 
Mengkomunikasikan 
Melakukan
  pencegahan terjadinya kebakaran dan penggunaan APAR . | 
Tugas 
Menuliskan
  prosedur pencegahan terjadinya kebakaran 
Portofolio 
·  Ceklish tindakan dalam simlasi penggunaan APAR 
Tes 
Pilihan
  Ganda, Essay | 
14 JP | 
·        
  Mochamad
  Zaini (2006), Panduan Pencegahan dan Pemadaman
  Kebakaran,  Abdi Tandur, Jakarta. 
·        
  Anonymous. 2012. APAR, http://pemadam113ciamis.wordpress.com.
  12 November 2012 
·        
    | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar